Thursday, December 3, 2009

Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh

Efesus 4:3 " Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera "

Apalah arti dan kegunaan sebatang lidi atau satu batu bata? Tentu tidak banyak gunanya. Tapi seikat lidi bisa kita pakai untuk menyapu dan bata-bata yang tersusun menjadi satu bisa membangun tembok, bahkan menjadi sebuah bangunan. Ada kekuatan dalam kebersamaan, inilah maknanya. Bukan seberapa kuat sebatang lidi itu, asalkan dia sendirian, maka tidak akan ada gunanya. Bukan seberapa bagus dan kuat sebuah batu bata itu, asalkan dia dia sendirian, maka tidak akan banyak berfungsi. Sebaliknya, jika sebuah lidi itu disatukan dengan lidi-lidi yang lain, dia akan berfaedah. Jika sebuah batu bata disatukan dengan batu bata yang lainnya, maka kesatuan itu akan mewujudkan bangunan yang bisa dinikmati orang lain.

Alkitab mengatakan bahwa kita semua adalah anggota Tubuh-Nya (Ef.5:30), yang sekalipun banyak adalah satu Tubuh; dan masing-masing adalah anggota, seorang terhadap yang lain (Rm.12:5; 1Kor.12:20). Lemah atau kuat anggota Tubuh itu, semua saling membutuhkan; tak dapat terpisahkan dan seharusnya saling memperhatikan (1 Kor.12:25). Coba renungkan! Ketika tanganmu terluka, apa kamu akan memotong dan melepaskannya dari tubuhmu karena merasa dia merepotkan? Tentu tidak, sebaliknya kamu akan merawat sampai luka itu sembuh dan tanganmu bisa kembali berfungsi dengan baik. Inilah yang Tuhan kehendaki di atas Tubuh-Nya. Jika semua anak-anak Allah memiliki keinginan yang sama dengan Allah, yaitu terwujudnya kesatuan Tubuh Kristus, maka perpecahan itu akan lenyap.

Dalam gereja, harus saling merawat, menyuplai, dan memperhatikan; hilangkan sakit hati, kepahitan dan segala yang negatif terhadap anggota Tubuh yang lain. Ingatlah! Allah membenci perpecahan yang merusak kesatuan. Dia hanya mau anak-anak-Nya berhimpun dalam satu nama, Tuhan Yesus Kristus. Kesatuan yang demikian akan menjadi ekspresi kemuliaan Allah yang besar di atas muka bumi. Kesatuan itu mempermalukan dan mengalahkan musuh-Nya, Iblis.

Jangan mengira sendirian bisa kuat, tidak perlu yang lain. Sehebat bagaimanapun, kalau sendirian takkan bisa mengalahkan Iblis. Sekuat apapun, kalau sendirian takkan banyak berguna. Perlu bersatu, baru kita teguh!

No comments:

Post a Comment