Sunday, December 6, 2009

Si Cantik yang Jahat

Ada sebuah tanaman yang berpenampilan menarik; bentuk daunnya indah, buahnya kecil-kecil berwarna merah dan putih. Di Amerika, tanaman ini biasanya dipakai sebagai hiasan pintu. Meskipun cantik, tanaman ini sebetulnya sangat jahat. Ketika benihnya jatuh ke sebuah pohon, ia akan hidup menumpang dan menyerap makanan dari pohon itu. Bertahun-tahun dia melekat sampai akhirnya pohon itu kehilangan kekuatan dan vitalitas karena makanan yang ia serap selalu dicuri. Tanaman jahat ini seperti kanker yang menggerogoti tuan rumahnya secara perlahan-lahan. Ketika tanaman ini bertumbuh makin besar, maka pohon yang ia tinggali akan semakin melemah dan mudah diserang penyakit, bahkan mati karena kehabisan nutrisi.

Incese cedar yang berusia 425 tahun bisa bertahan terhadap serangan tanaman ini. Tetapi, pohon yang lebih muda, biasanya hanya bertahan beberapa tahun saja. Sayangnya, tidak mudah untuk melenyapkan benih jahat ini. Yang terbaik adalah memotong semua dahan yang terinfeksi. Dahan yang ditempeli harus dipotong, dan bekas perlekatan tanaman itu harus dikikis sedalam mungkin supaya tidak ada akar yang tersisa. Nama dari parasit pengganggu ini adalah mistletoe.

Mistletoe adalah parasit bagi pohon, sama seperti bidah yang menjadi kanker bagi penghidupan gereja. Banyak bidah yang berpenampilan baik, tetapi di dalamnya berisi racun yang mematikan. Orang-orang sering mengagumi para pengikut bidah Mormon atau Saksi Yehovah karena penampilan mereka yang rapi dan sopan. Tetapi, kita tak boleh tertipu oleh semua itu. Sekali saja kita menerima mereka, maka Iblis akan berkesempatan untuk menaburkan benih-benih keraguan di dalam pikiran kita. Begitu kita mulai ragu-ragu pada Allah, maka kita tidak akan bisa menikmati Allah Tritunggal dan itu bisa merusak pertumbuhan rohani kita. Karena itu, begitu mendengar sesuatu yang asing dan tidak sesuai dengan Firman Tuhan, kita harus segera menjauhinya. Jangan sampai hal-hal asing itu berakar dan semakin sulit untuk dibasmi. Teman-teman, jagalah dirimu dengan kebenaran Firman Tuhan. Jauhilah segala jenis jenis penyesatan.

2 Timotius 2: 17-19
Perkataan mereka menajalar seperti penyakit kanker......
yang telah menyimpang dari kebenaran .....
dan dengan demikian merusak iman sebagian orang.
Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh .....

No comments:

Post a Comment